Pernahkan Anda mendengar tentang salah satu sajian kuliner legendaris rujak kuah pindang khas Bali? Bagi masyarakat Jawa mungkin akan merasa aneh dan membayangkan bagaimana cita rasa dari rujak yang diberi kuah pindang. Padahal ini menjadi salah satu kuliner yang wajib Anda cicipi saat ke Pulau Dewata.

Sama seperti rujak di daerah-daerah lainnya, rujak kuah pindang dari Bali tentu mempunyai ciri khasnya sendiri dengan keunikan siraman kuah ikan. Mirip seperti rujak manis dari Jawa Tengah yang menggunakan aneka buah-buahan segar, hanya saja rujak khas Bali diberi kuah ikan pindang.

Baca Juga : Ayam Betutu Hidangan Khas Bali Yang Kaya Akan Rempah

Isian buahnya bisa menggunakan nanas, pepaya, bengkuang, mangga muda, kedondong atau lainnya sesuai selera. Anda mungkin kesulitan menemukan olahan rujak kuah pindang khas Bali di daerah lain selain Bali, jadi sepertinya kuliner ini tidak boleh dilewatkan.

Namun tidak perlu khawatir, karena di Bali banyak yang menjajakan rujak kuah ikan, bahkan ada juga pedagang kaki lama yang menawarkan harga terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu saja. Para wisatawan tentu penasaran mengenai kelezatan dan cita rasa rujak kuah pindang khas dari Bali.

Rahasia Kelezatan Rujak Kuah Pindang Khas Bali

Meskipun menggunakan kuah rebusan ikan, tapi cita rasa rujak kuah pindang ini tidak amis sama sekali. Hal itu karena ada perpaduan rempah-rempah di dalamnya yang membuat rujak ini terasa segar dinikmati meskipun menggunakan kuah pindang.

Resep turun temurunnya pun juga membuat kelezatan rujak kuah ikan dari Bali berbeda dan tidak ditemukan di daerah lainnya. Bahan-bahan yang digunakan untuk siraman atau kuah berupa daging ikan tuna atau pindang, serai, lengkuas, daun salam, jahe dan daun jeruk.

Untuk menambah kenikmatannya, jangan lupa menambahkan bumbu rujak yang dibuat dari perpaduan terasi goreng, asam jawa, cabai rawit, dan gula merah. Semua bahan dapur tersebut akan menyamarkan bau amis rebusan daging ikan dan justru membuat rasanya segar.

Dengan perpaduan rasa yang gurih, rujak kuah pindang khas Bali sangat cocok ketika disantap saat siang hari. Tidak selalu menggunakan daging ikan tuna atau pindang, banyak penjual yang mulai membuat variasi resep rujak kuah pindang agar semakin mantap.

Beberapa ada yang memakai jenis ikan sardine dengan kandungan protein sangat tinggi. Anda yang menyukai cita rasa pedas, bisa meminta tambahan cabei rawit saat memesan rujak khas Bali. Kelezatan rujak kuah pindang akan semakin terasa jika disantap sesaat setelah dibuat dan dominan pedas.

Anda bisa menyantapnya bersama segelas air es kelapa muda yang semakin menambah suasana kesegaran. Cocok disantap saat kumpul bersama teman-teman ketika sedang liburan di Bali, jadi jangan sampai melewatkan kuliner andalan yang satu ini.

Rekomendasi Warung Rujak Kuah Pindang Khas Bali Terenak

Melihat review kelezatan rujak kuah pindang di atas, pasti penasaran untuk mencicipi kuliner asli Bali ini, bukan? Salah satu warung penjual rujak kuah pindang khas Bali paling direkomendasikan para traveler adalah Rujak Kuah Pindang Bu Putu.

Warung ini spesialis menawarkan rujak kuah pindang dengan kenikmatan yang tidak kalah dari resto mewah. Dilihat dari warungnya mungkin tampak biasa saja, tapi jangan salah, warung Bu Putu tak pernah sepi dari para wisatawan yang ingin mencicipi rujak kuah pindang khas Bali.

Kedai di sini terlihat sederhana, sangat nyaman untuk kumpul sekedar melepas lelah selepas jalan-jalan. Meja dan kursinya pun masih sangat klasik dari material kayu. Meskipun terlihat sederhana, tapi warung Bu Putu ternyata menjadi satu-satu tempat makan rujak kuah pindang yang paling dicari.

Selain harganya yang murah meriah, juga karena resep turun temurun sehingga membuat cita rasanya tidak akan berubah. Jika Anda tidak menggunakan paket wisata di Bali yang bisa mampir di sini, Anda bisa datang sendiri ke alamat Jalan Blambangan Nomor 5 Kuta, Bali.

Cukup strategis dengan berbagai tempat wisata lain, bukan? Anda juga bisa mencari rekomendasi kuliner rujak kuah pindang lainnya melalui beberapa aplikasi yang tersedia saat ini. Atau jika memiliki rekan di Bali, tentu dia akan jauh lebih mengetahui rekomendasi tempat terbaik.

Kuliner unik satu ini memang terdengar asing dan unik, tetapi, wisatawan yang sedang berlibur di Bali wajib untuk mencobanya. Bagi pembaca yang kebetulan sedang berjalan-jalan di Pulau Dewata, jangan sampai melewatkan kuliner rujak kuah pindang khas Bali yang kenikmatannya akan Anda rasakan ini.