Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Kuliner Pilihan Khas Bali

Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Kuliner Pilihan Khas Bali

Paket Wisata di Bali | Pesonadewata.com – Siapa tidak mengenal Ayam Betutu, makanan khas Pulau Dewata ini sudah menjadi primadona bagi para penggemar kuliner Nusantara. Bahkan tidak hanya wisatawan dari dalam negeri saja, tetapi para wisatawan mancanegara juga menyukai makanan yang memiliki rasa khas Bali dan juga sambalnya.

Salah satu Ayam betutu yang paling disukai adalah Ayam betutu Khas Gilimanuk, Karena populernya makanan khas Bali yang satu ini, jangan kaget bila saat kita jalan – jalan mengunjungi tempat – tempat wisata di Bali maka hampir semua bisa di pastikan di setiap daerah yang ada di pulau Bali baik perkotaan maupun pedesaan, anda akan menemukan dengan mudah sajian masakan khas Bali ini yaitu Ayam Betutu yang merupakan salah satu makanan halal di Bali. Menariknya lagi menu masakan ayam betutu yang anda temukan di setiap daerah di Bali memiliki ciri khas yang berbeda antara tempat yang satu dan tempat yang lainnya. Salah satu sajian ayam betutu yang terkenal paling enak dan diyakini sebagai tempat asal makanan khas tradisional Bali adalah ayam betutu khas daerah Gilimanuk. Sementara untuk daerah yang lainnya di Bali yang terkenal sebagai tempat membuat ayam betutu lainnya ada di daerah desa melinggih, kecamatan payangan Kabupaten Gianyar Bali. Namun bagi anda yang sedang pergi liburan di Bali untuk bisa menikmati sajian menu masakan ayam betutu khas gilimanuk, saat ini anda tidak perlu jauh – jauh datang ke gilimanuk lagi. Kenapa demikian? Karena saat ini sudah banyak tempat mulai dari kedai hingga outlet tempat makan ayam betutu khas gilimanuk di yang enak.

Asal Usul Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali
Perlu anda ketahui Gilimanuk sendiri adalah sebuah kelurahan di Bali yang beralamatkan di Melaya, Kabupaten Jembrana Bali, Indonesia. Gilimanuk selama ini populer dengan dan identik dengan tempat penyebrangan atau Pelabuhan laut Gilimanuk yang melayani penyeberangan feri ke Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur. Gilimanuk juga terdapat sebuah teluk sama halnya seperti Gili Selang di kawasan wisata Karangasem yaitu Karang Sewu yang terdapat tugu naga yang beri nama Gelungkori. Ada pun tempat wisata yang terkenal di Gilimanuk diantaranya Taman Nasional Bali Barat serta Pulau Menjangan yang terkenal sebagai tempat snorkeling dan diving. Ada hal menarik yang mungkin ingin anda ketahui seputar asal usul Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali yang asli, berdasarkan wikipedia bahwa hidangan lauk yang di buat dari ayam atau bebek utuh diisi bumbu, dan di masak dengan dipanggang dalam api sekam. Kata “Betutu” sendiri berasal dari susunan 2 kata yaitu “Tunu” yang artinya bakar dan Be artinya daging, yang satukan berarti daging yang di bakar. , sajian ayam betutu atau Bebek Betutu selama ini digunakan sebagai sajian upacara keagamaan dan upacara adat dan di kenal juga sebagai santapan kesukaan raja – raja di Bali. Saat ini hidangan khas Ayam Betutu Khas Bali sendiri, selain masih di gunakan sebagai sesajen buat acara ritual keagamaan, juga sudah dijadikan sebagai makanan khas Bali yang bebas di jual. Konsumen penikmat ayam betutu sendiri tidak hanya di konsumsi oleh masyarakat Bali tetapi juga oleh wisatawan dari daerah di Indonesia hingga para turis mancanegara.

9 Tempat Rekomendasi untuk bisa menikmati Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Seperti yang kita bahas di atas untuk menemukan makanan yang enak di Bali yang menyediakan hidangan tradisional ayam betutu khas gilimanuk ini mudah anda temukan dimana saja di daerah Bali. Berikut ini adalah daftar tempat makan ayam betutu atau resto juga cafe, rumah makan di Bali yang menyajikan masakan ayam betutu asli Gilimanuk yang wajib anda kunjungi:

  1. WR. Ayam Betutu Khas Gilimanuk
    Alamat: Jalan Bulu Indah no. 51x, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar
  2. Ayam Betutu Bu Nia
    Alamat: Jalan Merdeka no. 1, Sumerta Kelod, Denpasar Timur, Kota Denpasar
  3. Warung Ayam Betutu
    Alamat: Jalan Nusa Kambangan, Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat, Kota Denpasar
  4. Warung Liku Nasi Bali – Ayam Betutu
    Alamat: Jalan Tukad Musi no. 19 A Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar
  5. Ayam Betutu Pak Man
    Alamat: Jalan Kubu Anyar no. 72x, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361 Jam
    Buka: 08.00 – 22.30
  6. Ayam Betutu Bu Lina Gilimanuk Kuta
    Alamat: Pertokoan Kuta Indah Permai B6-B7, Jalan Raya Kuta, Kuta, Kabupaten Badung 80361
    Jam Buka: 09.00 – 22.00 Wita
  7. Ayam Betutu KR
    Alamat: Jalan Raya Kuta no. 72x, Kuta, Kabupetn Badung, Bali 80361
    Jam Buka: 09.00 – 23.00
  8. Ayam Betutu Khas Gilimanuk Dekat Bandara
    Alamat: Jalan Raya Tuban no. 2x Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
    Jam Buka: 08.30 – 22.00 WITA
  9. Ayam Betutu Khas Gilimanuk
    Alamat: Renon, Jalan Merdeka No. 88, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar 80239

 

Harga Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali 2019
Satu paket menu Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali yang akan kita santap biasanya dihidangkan sudah bersama dengan sambal matah dan juga kacang sayur, untuk harga satu porsinya ayam betutu khas gilimanuk beserta yang lainnya disesuaikan dengan ukuran ayam betutu yang kita pesan terlebih dahulu untuk 1 Ekor Rp. 77.000 ½ Ekor 44.000 dan ¼ Ekor Rp. 26.000