Pesonadewata.com – Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Hal ini disebabkan Bali memiliki kebudayaan yang masih kental, serta tempat-tempat wisata yang masih asri.

Ayam Betutu Bali, sebuah makanan atau masakan khas Bali populer yang sering dicari wisatawan untuk tujuan wisata kuliner. Memang liburan ke pulau Dewata Bali, menikmati berbagai objek wisata serta sejumlah tempat rekreasi lainnya maka acara jalan-jalan tour anda tersebut tidak bisa dipisahkan dengan wisata kuliner.

Makanan ini biasanya menggunakan ayam dan bebek. Hasil akhirnya tekstur daging yang empuk dan dipenuhi bumbu cabai dan base genep khas Bali .

Resep Ayam Betutu Bali

Ada berbagai cara memasak serta bumbu yang disertakan dalam pengolahan ayam betutu Bali ini, sehingga masakan menghasilkan cita rasa dengan keunikan dan kelezatan masing-masing. Banyak jenis bumbu dan cara setiap tempat tentu sedikit berbeda.

Memasak ayan betutu dengan cara mengukus, adapun bahan-bahan yang digunakan, pertama tentu ayam utuh seberat 1 kg, jika ingin menambah sayur siapkan 100 gram daun singkong yang sudah diperas dan di potong-potong. Bumbu dan rempah diantaranya 12 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 6 buah kemiri, 4 buah cabai merah, 5 buah cabai , 1 cm lengkuas kemudian kunyit, jahe, daun serai, ketumbar, kencur, pala, terasi dan garam secukupnya, bumbu ini dihaluskan dan ditambahkan minyak 3 sdm minyak goreng.

Setelah bumbu dihaluskan, lumuri permukaan daging ayam dengan merata dan masukkan daun singkong berikut bumbu yang sudah disediakan dan daging ayam dibungkus menggunakan daun pisang atau bisa dengan pelepah daun enau yang sudah dikeringkan agar bumbu yang dioleskan tidak jatuh, setelah siap, ayam dikukus dalam waktu cukup lama, selesai dikukus ayam diangkat berikut pembungkusnya kemudian dipanggang, sehingga menghasilkan ayam betutu kering, waktu masak ayam dengan cara ini butuh waktu sekitar 75 menit. Tetapi jika anda ayam betutu basah maka ayam atau bebek utuh yang digunakan direbus, berikut bumbu yang sudah disiapkan.

Cara masak Ayam Betutu Bali yang unik dan rumit

Dulunya, hidangan ini hanya disajikan saat upacara adat. Ayam betutu tradisional dimasak dengan cara yang unik nan rumit, serta memakan waktu yang panjang

Tradisi mengolah betutu secara tradisional adalah ayam utuh dilapisi daun pinang lalu diberi bara sekam atau dikubur dalam tanah dengan bara sehingga menghasilkan temperatur panas tertentu.

Ayam “dikubur” selama delapan sampai sepuluh jam. Ini Ibarat oven alami seperti proses memanggang. Seiring perkembangan zaman, teknik tradisional masih tetap dipakai walau tergolong sudah jarang.